slide04

Pada Sesi Studio Creativity & Innovation pada Indonesia Knowledge Forum V 2016 dengan judul “Innovate or Die: What [A] Company Do”, Avanti Fontana menyampaikan materi terkait:

  1. Inovasi dan Lingkungan
  2. Strategi Inovasi
  3. Sistematika Inovasi

Pada kesempatan tanya jawab, seorang peserta bertanya tentang kapan seharusnya melakukan inovasi. Jawabannya, inovasi dapat dilakukan kapan saja dan seharusnya dilakukan setiap saat. Jenis inovasi yang dilakukan menentukan cara-cara kelolanya.

Sebagai perusahaan di bidang makanan cepat saji yang mendunia ini, tentu perusahaan sudah punya praktik-praktik terbaik yang diterapkan. Perusahaan perlu mengidentifikasi inovasi-inovasi apalagi yang harus dilakukan, di sini lah pertanyaan seperti itu menjadi pertanyaan yang harus tanpa henti diajukan.

Jenis inovasi yang “sustaining” yang melestarikan usaha yang sudah ada pasti selalu diperlukan sementara jenis inovasi yang “disrupting” dapat merupakan hasil temuan atau riset yang terencana atau dapat pula hasil inspirasi yang tiba-tiba mengubah cara tata kelola organisasi. Penjelasannya dapat panjang lebar.

Salam Inovasi,

Cipta Inovasi Sejahtera Media Center